RADARSEMARANG.COM, SEBENARNYA belajar angka sudah diajarkan sejak SD, tapi pada kenyataannya masih banyak peserta didik SMK yang sulit membaca angka dalam bahasa Inggris bila jumlah angka besar. Bagi yang minat pelajaran bahasa Inggris tidak ada masalah, tapi bagi peserta didik yang kurang minat walau hanya belajar angka mereka merasa kesulitan.
Cara untuk memudahkan belajar membaca angka dalam bahasa inggris yaitu pertama dengan Metode Kuiz Interaktif (Interactive quiz). Kuis interaktif diartikan sebagai gabungan dari metode ceramah, tanya jawab, dan pengerjaan soal yang dikemas dalam bentuk permainan dengan melibatkan interaksi guru dan peserta didik baik secara offiline maupun online.
Pemberian kuis merupakan strategi yang diberikan oleh guru terhadap peserta didik, dengan memberikan soal-soal pada proses pembelajaran yang berhubungan dengan materi yang telah diajarkan dengan dengan tujuan untuk mengukur tingkat pemahaman peserta didik.
Kedua, belajar membaca angka dalam bahasa Inggris agar proses KBM pendidik untuk terus beradaptasi dengan tren pembelajaran kreatif dan modern. Peserta didik saat ini umumnya menyukai sesuatu hal yang kreatif, praktis dan menyenangkan dalam berbagai aktivitas, termasuk ketika belajar.
Penerapan pembelajaran berbasis proyek, studi dan praktik lapangan, serta tentunya yang berbasis game (Game Based Learning/GBL). Metode pembelajaran dengan menggunakan game (permainan) yang bertujuan untuk membantu memudahkan proses pembelajaran, membuat pembelajaran menjadi menarik, bahkan bisa meningkatkan efektivitas pembelajaran.
GBL sendiri dianggap cocok diterapkan pada pembelajaran anak generasi saat ini karena beberapa faktor seperti pertama kompetisi dan kerjasama tim dapat menambah motivasi pada peserta didik.
Karakeristik GBL yaitu menarik dan mengasyikkan, karena dengan GBL peserta didik juga bisa mengetahui bentuk aplikatif suatu konsep dan materi. Kedua berdasarkan pada pengalaman, peserta didik tidak harus diarahkan dan dilatih mereka akan memahami dengan sendirinya melalui proses trial and error, sehingga ketika mengalami kegagalan mereka akan mencoba lagi dengan strategi dan cara yang berbeda dalam mencapai tujuan/misi.
Tiga, ada Tantangan yang bisa disesuaikan, GBL memiliki tingkatan tantangan yang berbeda-beda, mulai dari yang mudah sampai sulit. Empat, interaktif dan umpan balik, terjadinya proses interaksi antara sesama peserta didik pada waktu memilih strategi, keputusan, dan tindakan yang dipilih dalam game akan menentukan proses dan hasil game itu sendiri.. Lima sosial & kerjasama, dengan adanya kolaborasi secara intens diharapkan akan melatih kemampuan sosial peserta didik.
Dari berbagai contoh game interaktif yang ada sepertinya Game Sebut Tulis Angka yang paling cocok untuk dipakai dalam belajar membaca angka dalam bahasa Inggris. Game ini merupakan salah satu permainan menarik yang dapat memudahkan belajar menyebutkan atau membaca angka dalam bahasa Inggris . Siapa saja pasti suka untuk memainkan permainan ini, tak terkecuali anak kecil sekalipun. Di game ini mereka akan menyebutkan beberapa angka dan mereka juga menuliskan beberapa angka.
Cara memainkannya semua peserta didik berpasangan dan mereka memiliki selembar kertas. Kertas itu berisi tabel yang terdiri beberapa 20 kotak yang mana 10 kotak sudah ada angka dengan posisi acak.
Kertas unutk peserta didik yang duduk disebelah kiri berbeda dengan yang kanan. Pestera didik akan yang sebelah kiri akan menyebutakn posisi masing- masing angka dan menyebutkan 10 angka yang ada dikertasnya, dan peserta didik sebelah kanan akan menuliskan angka di kotak yang kosong dikertasnya sampai semua kotak terisi semua.
Selanjutnya permainan dilanjutakn dengan posisi yang bergantian. Terakhir setelah permainan selesai peserta didik akan mencocokan kertas mereka. Permainan ini sangat seru dan menarik dan peserta didik merasa mereka lebih bisa membaca angka dengan lancar dengan Game Sebut dan Tulis Angka. Seperti yang diterapkan di SMKN 1 Cepu.
Belajar membaca angka dalam bahasa Inggris sangat penting bagi peserta didik SMK, karena akan berkaitan langsung dengan dunia kerja yang selalu menggunakan angka angka.
Jika peserta didik fasih berbahasa Inggris akan meningkatkan karir. Pasalnya, mereka memiliki kemampuan lebih dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris sehingga karir bisa menjadi lebih cemerlang, digunakan dalam penyampaian informasi dan ilmu pengetahuan.
Meskitpun GBL sangatt tepat dalam perose pembelajaran angka,Game Based Learning sama dengan metode lainnya, memiliki kelebihan dan juga kekurangan. (ps1/za)
Guru Bahasa Inggris SMK Negeri 1 Cepu