RADARSEMARANG.COM, Pandemi Covid-19 berkepanjangan memaksa anak-anak menjalankan pembelajaran jarak jauh secara daring di rumah. Anak-anak belum akrab dengan handphone (HP) maupun komputer dan laptop untuk pembelajaran.
Anak-anak justru banyak menggunakan HP untuk bermain game online daripada mengikuti pembelajaran secara daring. Akibatnya saat sudah diperbolehkan pembelajaran tatap muka dengan memperhatikan protokol kesehatan, yang terjadi adalah learning loss.
Learning loss terjadi karena pembelajaran jarak jauh yang berkepanjangan. Learning loss adalah berkurangnya pengetahuan dan keterampilan secara akademis. Salah satu yang dilakukan guru untuk mengatasi learning loss, dengan game crossword puzzle.
Belajar dengan menggunakan crossword puzzle dimaksudkan agar peserta didik belajar seperti main game, mengasyikan sehingga diperoleh pengalaman dalam belajar atau memahami materi yang dipelajari.
Crossword puzzle atau sering dikenal dengan teka teki silang adalah susunan kotak-kotak yang diberi nomor yang diisi dengan kata-kata. Setiap kotak diisi dengan satu huruf sehingga membentuk suatu kata yang ditempatkan secara horizontal atau vertikal.
Crossword puzzles an arrangement of numbered squares to be filled in with words. A letter to each square, so that a letter appearing in a word placed horizontally is usually also part of a word placed vertically numbered synonyms and definitions are given as clues for the words Websters. (1988, Webster?s NewWorld Dictionary) (Dikutip dari http://eprints.uny.ac.id/18163/2/4.%20BAB%20II%2006.07.001%20Muh%20m.pdf (26 Agustus 2022).
Sedangkan menurut Rinaldi Munir (2005) permainan crossword puzzle adalah suatu permainan dengan template yang berbentuk segi empat terdiri dari kotak-kotak yang berwarna hitam dan putih. Serta dilengkapi 2 lajur yaitu mendatar (kumpulan kotak yang berbentuk satu baris dan beberapa kolom) dan menurun (kumpulan kotak satu kolom dan beberapa baris).
Berdasarkan silabus IPA kelas VIII semester 1 salah satu kompetensi dasarnya adalah menganalisis gerak pada makhluk hidup, sistem gerak pada manusia dan upaya menjaga kesehatan sistem gerak. Agar peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 1 Srumbung mudah memahami materi Gerak pada Makhluk Hidup dan merasa asyik dalam belajar IPA maka menggunakan media crossword puzzle atau teka-teki silang.
Belajar IPA menggunakan crossword puzzle sangat asyik karena seperti bermain game (puzzle). Pada saat pembelajaran jarak jauh anak-anak sering bermain game sehingga saat pembelajaran tatap muka, pembelajaran menggunakan crossword puzzle.
Sebelum pembelajaran, guru menyiapkan crossword puzzle atau teka teki silang yang berisi pertanyaan-pertanyaan tentang gerak pada makhluk hidup dan menyiapkan jawaban.
Saat pembelajaran, guru membagi peserta didik menjadi kelompok-kelompok, setiap kelompok terdiri 4 peserta didik. Guru membagikan crossword puzzle kepada masing-masing kelompok. Peserta didik mengisi crossword puzzle bersama kelompoknya selama 40 menit.
Guru menayangkan crossword puzzle yang masih kosong melalui LCD proyektor. Salah satu kelompok menyebutkan hasil diskusinya dan kelompok lain menanggapi. Guru dan peserta didik bersama-sama melakukan refleksi. Terakhir, peserta didik mengerjakan soal evaluasi. Ternyata hasil pembelajaran IPA pada materi Gerak pada Makhluk Hidup di SMPN 1 Srumbung menggunakan crossword puzzle sangat signifikan.
Sehingga penggunaan media crossword puzzle lebih bermanfaat dan disukai peserta didik kelas VIII di SMPN 1 Srumbung. Dengan media crossword puzzle pembelajaran menjadi asyik, tidak membosankan. Seperti bermain game (puzzle) serta lebih bisa memahami.
Setelah menggunakan crossword puzzle pada materi Gerak pada Makhluk Hidup, peserta didik menjadi aktif. Peserta didik diajak turut serta dalam proses pembelajaran, tidak hanya mental tetapi juga melibatkan fisik. Sehingga peserta didik merasakan suasana yang menyenangkan, hasil belajar dapat maksimal. (mj/lis)
Guru SMPN 1 Srumbung, Kabupaten Magealang